Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Monday, November 7, 2016

Musim Panas di Australia

khansha hanak
Pernah bermimpi pergi jalan-jalan ke luar negeri? Wisata ke Australia? Menikmati 4 musim, terutama musim panas.  Nah, kali ini saya akan membahas musim panas di Australia tepatnya di kota Perth. Kota Perth adalah salah satu kota di Australia yang terkenal akan pantai, sungai, dan pemandangan alamnya yang menabjubkan. Bagi traveler yang lebih suka berdekatan dengan alam, Perth adalah destinasi yang tepat. 

Dimana sih Perth itu ?

Perth terletak di Negara Bagian Barat Australia, negara bagian terluas di Australia. Perth sendiri adalah ibukota dari Negara Bagian Barat Australia. Mempunyai penduduk terbesar keempat di Australia, Perth adalah satu kota metropolitan di Australia. Kawasan Metropolitan di Perth sebagian besar terletak di kawasan Swan Coastal Plain.


Destinasi Wisata Di Perth

Hari 1

1. Kings Park And Botanic Garden (http://www.bgpa.wa.gov.au)


Tempat pertama kita kali adalah taman seluas kurang lebih 400 hektar secara cuma-cuma tanpa ada biaya tiket masuk, Kings Park and Botanic Garden adalah salah satu objek wisata di Perth yang tidak boleh dilewatkan.
Kings Park and Botanic Garden mempunyai sekitar 3000 varietas flora dan 62 di antara adalah flora endemik Australia dan 70 spesies burung. Salah satu ikon unik dari Kings Park and Botanic Garden adalah Pohon Boab raksasa Gija gumulu yang berusia 750 tahun, seberat 36 ton, setinggi 14 meter, selebar 8 meter dan dengan batang nya yang berdiameter 2,5 meter.
http://www.bgpa.wa.gov.au/images/news/images/boab_with_jamie_shaw.jpg

 Selain itu, kita bisa melihat pemandangan panorama dan sungai Swan, menikmati bunga-bunga liar yang bermekaran, bermain, jalan-jalan ditemani tour guide gratis, atau berbelanja suvenir di  Aspects of Kings Park gallery dan Aboriginal Art Gallery.

2.  Bell Tower (http://www.thebelltower.com.au/places-to-visit-in-perth/)


Tidak cukup jauh dari Kings Park and Botanic Garden, ada tempat wisata unik yang tak kalah menarik. Seperti Jam Gadang di Padang, Bell Tower adalah ikon kota Perth yang berfungsi sebagai penanda waktu.
http://www.thebelltower.com.au/wp-content/gallery/main-gallery/EQ-Barrack-Square-HI-33-of-33-Image-by-Jarrad-Seng-2-photo-credit-included.jpg

Menara ini akan berbunyi pada hari Senin dan Kamis pukul 12.00-01.00 siang. Bell Tower terletak di pinggiran sungai Swan. Bell Tower buka pada hari Sabtu-Senin jam 10.30 pagi  -2.30 siang. Harga tiket mulai $9.00 untuk anak-anak, $18.00 untuk usia 15-59 tahun, $16.00 untuk yang berusia 60 tahun ke atas, dan gratis untuk balita. Keunikan dari Bell tower adalah gembok cinta yang bisa diukir dengan nama sesuai pesanan hanya dengan $35.00.
http://www.thebelltower.com.au/wp-content/uploads/2016/05/IMG_0236.jpg

Hari 2

3. Perth Zoo (http://perthzoo.wa.gov.au)

http://www.perthzoo.wa.gov.au/wp-content/uploads/2011/06/Little-Penguin-300x300.jpg

 
http://perthzoo.wa.gov.au/wp-content/uploads/2013/05/koala-video-thumbnail.jpg

Tidak lengkap rasanya ke Australia tapi belum bertemu hewan-hewan endemik Australia seperti kangguru, penguin peri, dan si lucu koala. Untuk bisa bertemu hewan-hewan lucu ini tidak perlu untuk ke kota lain, cukup di Perth Zoo. Tidak cuma binatang asli Australia, ada banyak koleksi hewan dan fauna dari berbagai belahan dunia, seperti Asia, Afrika, Amerika Selatan dsb, Kebun binatang ini cukup besar, dengan luas 17 ha kamu pasti puas bermain-bermain dengan hewan-hewan disana. Tidak cuma menyajikan flora dan fauna, Perth Zoo juga menawarkan keindahan lanskap alam terbuka dan taman-tamannya. Wah jadi semakin ingin kesana kan ?



4. Aquarium of western Australia (http://www.aqwa.com.au)
http://www.aqwa.com.au/wp-content/gallery/virtual-tour/vt-a.png
Setelah puas berjalan-jalan di kebun binatang, kurang lengkap rasanya kalau tidak menghabiskan waktu di Perth dengan berkunjung ke AQWA atau Aquarium of western Australia, aquarium terbesar di Australia. Keistimewaan dari AQWA adalah koleksi hiu putih nya. Kita bahkan bisa menyelam di dalam aquarium bersama hiu-hiu putih yang jinak. Total species di dalam AQWA ada 400 species. Aqwa sendiri dibagi menjadi 5 bagian, setiap bagian menggambarkan keunikan masing-masing daerah asal dari species yang ada di dalamnya. Ada bagian Coral Reef yang berisi coral-coral hidup, bagian DangerZone yang berisi hewan-hewan laut buas dan berbahaya seperti hiu dll . Harga tiket untuk bisa masuk ke AQWA adalah $ 40.00 bagi dewasa dan $18.00 untuk anak-anak. Tidak cuma aquarium, di AQWA juga terdapat cafe dan pasti nya gift shop.



Hari 3

5.Rottnest Island (http://www.rottnestisland.com/)

Tidak afdol rasanya kalau ke Perth tidak ke pantai dan pelabuhannya. di rottnest Island seluas 19 km persegi sudah mencakup 1 paket mulai dari bersepeda di pantai, memancing, snorkeling, berselancar, atau yang hobi foto ada banyak spot indah untuk memotret. Rottnest island dikenal dengan lumba-lumba dan quokka nya. 
https://en.wikipedia.org/wiki/Rottnest_Island#/media/File:Rottnest_Quokka_2004_SeanMcClean.jpg
https://en.wikipedia.org/wiki/Rottnest_Island#/media/File:Dolphin_in_Thomson_Bay,_Rottnest_Island_WA.jpg

Spot bersejarah seperti Oliver hill juga tidak bisa dilewatkan. Untuk transportasi ke Rottnest Island menggunakan kapal feri 25-30 menit dari pelabuhan Fremantle. Jadi masih yakin nggak mau ke Perth?



Makanan Khas di Perth

Sebenarnya di Perth sendiri ada banyak restauran Indonesia dan restorsn timur tengah bagi para turis muslim yang mencari makanan halal.Makanan di Perth tersusun dari cita rasa dari berbagai negara, jadi cukup sulit mencari makanan khas Perth. Tapi setidaknya ada beberapa makanan khas Australia yang bisa dinikmati di Perth, berikut adalah daftar makanan yang harus dicoba :

 1. Pavlova, The Cheesecake Shop
https://en.wikipedia.org/wiki/Australian_cuisine#/media/File:Pavlova_garnished_with_cream_and_strawberries.jpg

 Dari penampakan foto nya saja sudah menggugah selera ya. Pavlova keliahatan seperti cake biasa, tapi pavlova punya keunikan yaitu topping nya yang berisi buah-buahan yang mudah didapat di Australia. Pavlova sudah dikenal sebagai makanan nasional Australia, jadi diseluruh penghujung kota di Australia pasti anda dengan mudah menemukan pavlova. Nah, khusus di kota Perth pavloa dapat dibeli di The Cheesecake Shop yang ada di pust kota Perth. Kalau ke Perth Pavlova adalah makanan yang wajib dicoba. Bagi para turis muslim, jangan khawatir The Cheesecake shop beserta pavlova nya sudah masuk dalam restoran halal menurut website https://www.zabihah.com






2. ANZAC biscuit, Cookies and more cakes Perth
https://en.wikipedia.org/wiki/Australian_cuisine#/media/File:ANZAC_biscuits.JPG

Selain pavlova, ANZAC biscuit ini juga sudah dinobatkan sebagai makanan nasional Australia. ANZAC biscuit sendiri punya sejarah tersendiri saat perang dunia. Dulunya ANZAC biscuit adalah makanan para tentara. ANZAC biscuit jika di Indonesia lebih dikenal dengan biskuit kelapa, karena salah satu bahan bakunya adalah kelapa. ANZAC biscuit bisa didapat di Cookies and More Cakes Perth




Transportasi di Perth

http://www.transperth.wa.gov.au/Portals/0/Skins/Transperth/inc/img/sprites/logo/hdr-transperth.png
Transportasi publik di Perth dikenal dengan Transperth. Transpert sendiri sudah termasuk bis, kereta, dan feri. Ada 11.200 jadwal bus dan 1000 layanan kereta, 80 layanan kapal feri dari bulan September-April dan 60 layanan feri bulan Mei-Agustus. Transperth dikelola oleh pemerintah Perth. Total unit bus transpert ada 1100, 222 kereta penumpang, dan 2 kapal feri. Harga tiket ditentukan oleh zona-zona transit. Semakin jauh zona nya akan semakin mahal harga tiket nya.
untuk lebih lengkapnya, silahkan kunjungi website resmi Transperth :

1. Transperth Train
http://www.railwaygazette.com/uploads/pics/tn_au-wa-perth-transperth-emu_04.jpg

2. Transperth Bus

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/3d/ACTION_BUS_488_City.JPG

 3. Transperth Ferry

http://www.experienceperth.com/sfimages/default-source/travel-perth/transperth-ferry.jpg?size=294

 

Pusat Kebudayaan di Perth

1.Perth Cultural Center


Perth Cultural Center adalah sebuah daerah pusat kebudayaan di Perth. Dikelilingi oleh berbagai tempat kebudayaan seperti Art gallery of Western Australia dan State Theatre Cetre of Western Australia dan galeri-galeri lainnya.
http://www.letsgokids.com.au/wp-content/uploads/2015/12/art6.jpg
Tidak jauh dari Perth Cultural Center ada satu tempat menarik yaitu Elizabeth Quay Bridge, jembatan setinggi 20 meter khusus jembatan bagi pejalan kaki dan yang bersepeda.
http://assets.mra.wa.gov.au/production/3be014827491552c42e1de9020f13bd0/912x547_q85_down/elizabeth-quay-bridge-1200x720
 Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website resmi Perth Cultural Center: http://www.mra.wa.gov.au
  

TIPS UNTUK MUSIM PANAS DI AUSTRALIA

Musim panas di Australia sama panasnya atau bahkan lebih panas daripada di Indonesia. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat musim panas :
  • jangan lupa untuk selalu pakai sunscreen minimal spf 15++
  • memakai topi yang lebar
  • kacamata surya
  • banyak minum air putih
  • Taati rambu-rambu yang ada 
Nah ingin mewujudkan mimpi-mimpimu untuk travel dan tour ke Australia ? H.I.S akan mewujudkan keinginanmu. Nah caranya gampang tinggal pergi ke halaman facebook resmi H.I.S di https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia 


referensi :

http://perthzoo.wa.gov.au/
https://en.wikipedia.org/wiki/Perth_Zoo
http://www.aqwa.com.au/
https://en.wikipedia.org/wiki/Aquarium_of_Western_Australia
http://www.rottnestisland.com/
https://en.wikipedia.org/wiki/Rottnest_Island
https://www.zabihah.com/sub/Australia/Western-Australia/Perth/ZUagiGPbjI
https://en.wikipedia.org/wiki/Australian_cuisine
http://www.transperth.wa.gov.au/
https://en.wikipedia.org/wiki/Transport_in_Perth,_Western_Australia
http://www.mra.wa.gov.au/see-and-do/elizabeth-quay/attractions/elizabeth-quay-bridge
http://www.westernaustralia.com/IN/Things-to-See-and-Do/Suggested-Itineraries/3-4-and-5-day-itineraries/Pages/Best-of-Perth.aspx
http://www.australia.com/id-id/places/perth.html
http://www.bgpa.wa.gov.au/about-us/conservation/wa-botanic-garden/about-wa-botanic-garden
http://www.thebelltower.com.au/things-to-do-in-perth/

khansha hanak / Author & Editor

Just a little girl in a big world.

0 comments:

Post a Comment

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Distributed By Gooyaabi Templates