Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Saturday, September 12, 2015

Teks Laporan Hasil Observasi

khansha hanak

 Contoh Teks LHO 

Awan

 

 a. Definisi Umum

Awan adalah massa yang dapat dilihat yang terbuat dari tetesan air atau kristal beku yang tergantung di atmosfer di atas permukaan bumi atau permukaan planet lain. Awan juga sebuah substansi yang terlihat dan yang tertarik oleh gravitasi. Awan terjadi karena adanya pemadatan/pengembunan uap air yang terdapat di dalam udara setelah melampaui keadaan titik jenuh. Awan merupakan cikal bakal terjadinya hujan, namun hal tersebut juga bergantung dari musim. Awan dipelajari dalam ilmu awan atau fisika awan, suatu cabang dari ilmu meteorologi.

b. Deskripsi bagian

Awan mempunyai berbagai jenis dan bentuk. Dalam hasil kongres internasional yang diadakan di Munchen tahun 1802 dan Uppsala (Swedia) tahun 1894, Awan dikelompokkan dalam beberapa macam berdasarkan ketinggiannya antara lain Awan Tinggi yaitu Jenis awan yang terletak pada ketinggian 3-18 km, Contoh dari awan tinggi adalah Awan Cirrus (Ci) awan halus dengan struktur seperti serat dan berbentuk seperti bulu burung.Awan Cirrocumulus (Ci-Cu) adalah awan yang terputus-putus dan penuh dengan kristal-kristal es serta berbentuk seperti segerombolan domba. Awan Cirrostatus (Ci-St) adalah awan yang berbentuk seperti kelambu putih yang halus dan rata dengan menutup seluruh langit.
Jenis awan kedua berdasarkan ketinggian menengah yaitu pada pada ketinggian 2-8 km. Contoh dari awan jenis menengah adalah Awan Alto Cumulus (A - Cu) yang bentuknya kecil-kecil yang jumlahnya banyak. Umumnya berbentuk bola yang agak tebal, berwarna putih sampai pucat dan ada bagian yang kelabu. Awan ini bergerombol dan saling berdekatan sehingga tampak bahwa awan ini saling bergandengan. Awan Alto Stratus (A-St) adalah awan ini tebal dan luas dengan warna kelabu, sehingga pada matahari dan bulan tampak terang.
Jenis Awan ketiga adalah jenis awan Rendah, yaitu Jenis awan yang terletak pada ketinggian kurang dari 3 km. Macam-macam jenis awan rendah yaitu : Awan Strato Cumulus (St-Cu) yang berbentuk bola dan memiliki lapisan tipis yang sering menutupi langit. Jenis awan ini tidak menimbulkan hujan Awan Stratus (St) adalah awan yang luas dengan tinggi berada dibawah 200 m. Lapisan melebar seperti kabut dan berlapis-lapis Awan Nimbo Stratus (Ni-St) adalah awan yang bentuknya tidak menentu, tepinya tak beraturan dan berwarna putih kegelapan serta penyebarannya cukup luas. Awan ini menimbulkan hujan gerimis.

c. Deskripsi Manfaat

Awan mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia seperti Menghasilkan hujan, Membantu memberikan cadangan air bagi manusia, Mencegah bencana alam kekeringan, Menghilangkan cuaca panas, memberikan kesejukan Melindungi pancaran langsung dari sinar ultraviolet, alat perkiraan tentang arah angin, Meramalkan cuaca dan dalam bidang penerbangan.

khansha hanak / Author & Editor

Just a little girl in a big world.

1 comments:

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Distributed By Gooyaabi Templates