SOURCE CODE PROGRAM
PSEUDOCODE RAK_SEPATUKU
{Program Menata tumpukan rak sepatu dan mengeluarkannya}Deklarasi
{MAXSIZE = 10, int top; int data[max+1]; stack tumpukan; void createEmpty(); int IsEmpty(); int IsFull(); void push(int x); void pop(); int lagi; int input; int pilih;}
Implementasi
{START
s.top -1
while option ≠ 5 Do
display("_____________________________________")
display(" RAK SEPATUKU\n")
display("Oleh : Khansha Aundhia Hanak 47006\n")
display("_____________________________________")
display("1: Cek kondisi Rak Sepatu")
display("2: Tambah sepatu (Max = 10)")
display("3: Keluarkan sepatu")
display("4: Kosongkan rak")
display("5: Keluar")
display("Pilihan Anda: ")
read choice
switch choice
case 1 :
IF IsEmpty() == 1
display ("rak masih kosong")
ELSE IF
IsEmpty() == 0&& IsFull() == 0
display ("Rak sudah terisi (belum penuh)")
ELSE
display ("Rak sudah penuh")
END IF
break
case 2 :
IF (IsFull() == 1)
display("Rak Penuh.")
ELSE
display("Masukkan data(nomor sepatu): ")
read choice
push(input);
display("Nomor sepatu di rak tertinggi:")
display("rak penuh:) //1 apabila penuh, 0 apabila masih kosong
display("rak kosong:) //1 apabila kosong, 0 apabila sudah terisi
break
case 3 :
display ("Sepatu yang dikeluarkan nomor:")
read choice
pop
break
case 4 :
WHILE (IsEmpty() == 0)
display("Sepatu yang dikeluarkan nomor:")
pop
puts("Rak sudah kosong")
case 5 :
display ("Thank you")
exit
END switch
END}
PENJELASAN PROGRAM
⦁ Create: Untuk menciptakan dan menginisialisasi stack dengan cara membuat top = max+1
⦁ Dengan cara memeriksa nilai Top, jika Top = +1 maka stack kosong (empty)
⦁ Jika top = Max+1 berarti stack sudah penuh (MAX+1 adalah batas elemen array dalam program C++)
⦁ Deklarasi variabel2 dalam stack void createEmpty(); int IsEmpty(); int IsFull(); void push(int x); void pop();
⦁ Masuk ke dalam fungsi main kemudian mendeklarasi variabel int lagi; int input;int pilih; dan membuat stack kosong dengan createEmpty();
While tidak memilih opsi 5 (opsi 5 = keluar) maka print
_____________________________________
RAK SEPATUKU
_____________________________________
1: Cek kondisi Rak Sepatu
2: Tambah sepatu (Max = 10)
3: Keluarkan sepatu
4: Kosongkan rak
5: Keluar
Pilihan Anda:
⦁ Masukkan input berupa tipe data integer dan dialamatkan ke variabel &pilih
⦁ Case 1 (apabila memilih opsi nomor 1) = apabila stack masih kosong maka print "rak masih kosong"
else if apabila stack tidak kosong maupun tidak penuh maka print "Rak sudah terisi (belum penuh)"
else apabila stack sudah penuh maka print “Rak sudah penuh”
⦁ Case 2 (apabila memilih opsi nomor 2) = Apabila rak penuh maka print “Rak penuh”
Else print
Masukkan data(nomor sepatu): //masukkan nomor sepatu (memakai intruksi pop)
Nomor sepatu di rak tertinggi: //nomor sepatu tertinggi
rak penuh: 0 //apabila rak belum penuh
rak kosong: 0 // apabila rak sudah terisi
⦁ Case 3 (apabila memilih opsi nomor 3) = printf “Sepatu yang dikeluarkan nomor: //nomor sepatu yang dikeluarkan (memakai intruksi pop)
⦁ Case 4 (apabila memilih opsi nomor 4) = Kosongkan rak (memakai intruksi pop)
⦁ Case 5 (apabila memilih opsi nomor 5) = keluar
⦁ void createEmpty() = instruksi untuk membuat stack kosong tumpukan.top = 0
⦁ void push(int x){
tumpukan.top = tumpukan.top + 1;
tumpukan.data[tumpukan.top] = x;
setiap instruksi push akan menambah satu tumpukan pada variabel tumpukan.top
dan setiap tumpukan akan dimasukkan ke dalam int x
⦁ void pop(){
tumpukan.top = tumpukan.top - 1;
setiap perintah pop akan mengurangi jumlah tumpukan pada variabel tumpukan.top
⦁ int IsEmpty(){
if (tumpukan.top == 0)
return 1;
Else
return 0;
apabila stack telah dikosongkan maka program akan kembali ke awal
⦁ int IsFull(){
if (tumpukan.top == max)
return 1;
else
return 0;
}
Apabila stack sudah penuh maka kembali ke menu awal
0 comments:
Post a Comment